Diyakini bahwa banyak sekolah/madrasah diteliti oleh mahasiswa baik strata 1, strata 2, strata 3 dan penelitian jenis lainnya. Hasil penelitian semestinya disampaikan ke sekolah/madrasah sebagai tempat penelitian. Penyampaian hasil penelitian harus dipahami oleh kedua pihak untuk pengembangan sekolah/madrasah. Minimal bisa megnetahui strength (kekuatan), dan kelemahan (weakness). Dua sisi penting ini bisa diketahui peluang dan tantangan madrasah/sekolah.
TEtapi sayangnya, banyak sekolah tidak memanfaatkan hasil penelitian. Akhirnya hanya memenuhi rak-rak perpustakaan sekolah dan perguruan tinggi. Kenapa ini tidka dimanfaatkan? Kemungkinannya banyak sekola/madrasah takut ketahuan "boroknya". Manfaatkan hasil penelitian itu untuk pengembangan madrasah, seperti yang disampaiakn dalam buku-buku Strategic Management.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar