Kamis, 06 November 2008

REVITALISASI AL ISLAM DI SEKOLAH MELALUI SOSIALISASI KITAB-KITAB KARYA PENDIRINYA

Banyak orang belum tahu kalau pendiri Al Islam KH. Imam Al Ghazali adalah seorang yang produktif di bidang tulisan, minimal kompilasi Hadis dan Al Qur'an dalam topik-topik penting seputar keislaman. Kitab yang favorit para siswa Al Islam Solo (dulu) diantaranya: Kitab Al Buyu', Kitab Al Islam dan Wal Muslim, dan At Tijjan Fi Syu'ab Al Iman. Kitab tersebut saat ini bisa diyakini kurang populer di kalangan siswa Al Islam terutama di Kartasura. Disinilah perlu revitalisasi kitab-kitab tersebut di sekolah Al Islam Kartasura.
Sistem yang bisa dipakai: sosialisasi kitab tersebut di tingkat pengelola Yayasan, guru-guru dan karyawan dengan cara pengkajian rutin. Dengan begitu komponen utamanya tergarap. Lanjutannya para siswa dibekali kitab At Tijjan Fi Syu'ab Al Iman dengan cara mengkajinya beserta artinya. Selain mengkaji kitab ini secara bertahap siswa kelas 1-6 harus bisa hafal dari Hadis yang tercantum di kitab tersebut.
Ketika semacam inilah, identitas Al Islam terlihat kembali dimana orang yang sekolah Al Islam bisa berdiri di atas dan berada di semua golongan. Semoga.

Tidak ada komentar: